womenAtas Nama Pribadi dan Keluarga Besar celebratecelebratecelebrateSTIKes MUHAMMADIYAHcelebratecelebratecelebrate Lhokseumawe, Melalui Blog ini, Mengucapkan doadoadoa"MINAL A IDZIN WAL FA IZIN"doadoadoa Mohon Maaf Lahir Dan Bathin celebratecelebratecelebrate"SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1430H"celebratecelebratecelebrate Semoga Ibadah kita selama Ramadhan di terima Oleh Allah SWT, dan Semua dosa kita diampuni-Nya. doadoadoaAmiiindoadoadoa

Selasa, 01 September 2009

Geriatri dan Gerontologi

Gerontologi adalah bidang studi yang mempelajari aspek sosial, psikologi dan biologi dari proses penuaan. Hal ini berbeda dengan geriatri, yang merupakan cabang dari ilmu kedokteran yang mempelajari penyakit pada lanjut usia (lansia). Istilah geriatri ini berasal dari bahasa Yunani geron yang berarti “orang tua” dan iatros yang berarti “penyembuh” alias dokter atau dukun (he…he…).

Adalah Dr. Ignatz Leo Nascher, mantan Kepala Klinik Rawat Jalan di rumah sakit Mount Sinai (New York City) dan “mbahnya” ilmu geriatri di Amerika yang memperkenalkan istilah ini di tahun 1909. “Geriatri” memiliki asal kata yang sama dengan Jara (dalam bahasa Sansekerta) yang berarti tua.

Meski ilmu ini sudah diperkenalkan sejak 1909, namun perkembangannya tidak sepesat ilmu kedokeran yang lain. Katakanlah ilmu biologi molekuler, saat ini sebagian universitas terkenal di negeri ini “demam” dengan ilmu tersebut. Bisa jadi, penghargaan kita terhadap generasi pendahulu kita perlu diperbaharui.

Konotasi “jompo” atau orang yang tidak berdaya, amat lekat pada lansia. Barangkali, bila semakin banyak kelompok lansia yang cukup kaya untuk membiayai kesehatannya, ilmu geriatri ini akan lebih berkembang (he…he…nakal ya!).

Di Amerika, ahli geriatri adalah dokter keluarga atau dokter penyakit dalam yang memperoleh pelatihan sesuai kualifikasi ilmu geriatri. Pada pokoknya, dokter untuk lansia ini bekerja di level komunitas. Sedangkan di Inggris, sebagian besar ahli geriatri adalah ahli geriatri yang bekerja di rumah sakit, meskipun memiliki perhatian pula terhadap geriatri komunitas. Pelayanannya meliputi pelayanan orthogeriatrics (fokus pada osteoporosis dan penanganan komplikasinya), psychogeriatrics (fokus pada demensia dan depresi pada geriatri) dan rehabilitasi.

Di Indonesia memiliki sejarah yang kurang lebih sama. Adalah Prof Supartondo, ahli penyakit dalam yang merintis bidang ini. Guru besar FKUI ini, merekrut ahli penyakit dalam dari berbagai divisi seperti reumatologi (Prof Harry Isbagio), pulmonologi (dr Asril Bahar), kardiologi (Prof) dan ginjal hipertensi (Dr Suhardjono) untuk membangun divisi Geriatri. Saat ini sudah ada 2 orang ahli geriatri di FKUI yang secara khusus mendalami bidang ini, Dr. Czeresna Heriawan dan Dr. Siti Setiati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template Design by Free template
merpati3333